Kritik dan Saran kirim ke 0818253301 MAPEL BAHASA INDONESIA: SEKAPUR SIRIH
BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Selasa, 23 Februari 2010

SEKAPUR SIRIH


Era komunikasi dan teknologi yang sudah lama berjalan di Nusantara ini memaksa orang-orang yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, orang seorang yang memerhatikan pola-pola pembelajaran, komunitas tertentu yang mengamati ruang gerak pergerakan bahasa Indonesia, dan para pemelajar harus menyelaraskan seluruh aktivitasnya mengikuti pergerakan komunikasi dan teknologi sangat dinamis ini.  

Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional bangsa Indonesia memiliki karakter dinamis, kondusif, dan progresif yang sejak awal terbentuknya harus bertarung habis-habisan dengan mengalirnya pengaruh bahasa asing. Bahasa Indonesia mengalami krisis. Masyarakat pengguna bahasa Indonesia harus terasing dengan bahasanya sendiri. Demikian pula, yang terjadi pada pemelajar bahasa Indonesia di seluruh kelas, baik sekolah dasar, menengah, dan menengah atas. 

Keterasingan itu tampak pada saat mereka harus menghadapi Ujian Nasional dari Badan Nasional Standar Pendidikan. Penentuan nilai minimum 5,0 dianggap 'momok' yang tidak harus dihadapi. Ketakutan ini pun diselimuti dengan kalimat propaganda 'perjuangan tiga tahun hanya ditentukan dalam 4 hari."


0 komentar: